Sinergi Pertamina dan Pertamini Indonesia Akan Segera Terwujud

posted in: News | 0

Keberadaan pengisian bahan bakar minyak (BBM) eceran, atau yang sering disebut Pertamini di Kabupaten/kota Kediri, kian menjamur. Bahkan, Pertamini saat ini sudah menjadi brand sebuah UKM dan koperasi di Jawa Timur.

Menjamurnya Pertamini ini berdampak negatif dan positif. Positifnya, warga sangat terbantu mendapat BBM tanpa harus antri. Negatifnya, keberadaan Pertamini jelas merusak distribusi dan pemasaran BBM, karena pasokan BBM yang diperoleh Pertamini berasal dari SPBU resmi Pertamina.

Tak jarang, pengelola SPBU mini ini membeli BBM dengan jerigen dalam jumlah yang banyak, sehingga menyedot stok di SPBU resmi. Hal inilah yang perlu mendapat atensi dari Pertamina agar pendistribusiannya jelas dan saling menguntungkan.

Di satu sisi, keberadaan Pertamini harus disaring agar memberikan kontribusi yang positif bagi konsumen. Oleh karena itu, Senin (22/8/2016) Pertamina mengadakan sosialisasi kepada pelaku UKM dan Koperasi se Kabupaten/Kota Kediri, untuk memberikan pemahaman mana Pertamini yang resmi dan tidak.

Hal tersebut dilakukan, karena dalam waktu dekat pihak Pertamina berencana melakukan kerjasama yang saling menguntungkan demi kepentingan bangsa dan ekonomi kerakyatan dengan Pertamini.

“Pertamini Indonesia merupakan bentuk UKM dan Koperasi, yang nantinya mempunyai standar safety, K3 dan lain-lainnya, yang sebentar lagi juga dalam proses sertifikasi ISO,” kata Aldy Lazuardy, Direktur Pertamini Indonesia.

Aldy Lazuardy juga mengatakan, sekarang saatnya kerja nyata. Oleh karena itu, pihaknya mendukung inovasi teknologi pemuda Indonesia.

“Inovasi cemerlang ini patut kita dukung, karena kini saatnya Indonesia Maju dan saatnya anak muda membangun bangsa,” ujarnya.

Direktur Pertamini Indonesia ini juga menambahkan, saat ini Pertamini tidak hanya berkutat pada masalah legalitas, tapi ada kepentingan yang jauh lebih besar yaitu industri kreatif harus jalan.

“UKM harus maju dan Koperasi sebagai soko guru perekonomian akan segera terwujud,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Pertamini merupakan tempat berjualan bahan bakar yang dikelolah secara individual atau perorangan, tanpa badan hukum.

Sejatinya, pertamini ini adalah pedagang eceran biasa. Namun, jika biasanya pedagang eceran menggunakan botol, pertamini menggunakan literan yang lebih modern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *